Inovasi Sistem Informasi & New Technology


Pengertian Inovasi

Inovasi adalah suatu penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah di kenal sebelumnya. Orang atau wirausahawan yang selalu berinovasi , maka ia dapat di katakan sebagai seoranng wirausahawan yang inovatif. Seseorang yang inovatif akan selalu beupaya melakukan perbaikan, menyajikan sesuatu yang baru/unik yang berbeda dengan yang sudah ada.

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli


  • Kuniyoshi Urabe, inovasi merupakan setiap kegiatan yang tidak bisa dihasilkan dengan satu kali pukul, melainkan suatu proses yang panjang dan kumulatif, meliputi banyak proses pengambilan keputusan, mulai dari penemuan gagasan hingga ke implementasinya di pasar
  • Van De Ven, Andrew H., inovasi adalah pembangunan dan implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang dalam jangka waktu tertentu yang dilakukan dengan berbagai aktifitas transaksi didalam tatanan organsasi tertentu.
  • Everett M. Rogers, inovasi merupakan sebuah ide, gagasan, objek, dan praktik yang di landasi dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang ataupun kelompok tertentu untuk di aplikasikan ataupun di adopsi.
  • UU No. 19 Tahun 2002, pengertian inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan penerapan, dan atau pun perekayasaan yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau pun cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada kedalam produk atau pun proses produksinya.
Dari pengertian inovasi tersebut dapat disimpulkan bahwa inovasi adalah proses kreatif dalam melakukan penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada. Sedangkan kemampuan inovatif seorang wirausaha merupakan proses mengubah peluang menjadi suatu gagasan dan ide-ide yang dapat dijual.

Ciri-Ciri Inovasi

Sebuah ide, gagasan ataupun teori hanya bisa digolongkan ke dalam sebuah inovasi jika memiliki ciri-ciri berikut :

  • Khas, Ciri utama dari sebuah inovasi adalah khas. Inovasi harus memiliki ciri khas sendiri yang tidak dimiliki atau pun ada pada ide atau pun gagasan yang sudah ada sebelumnya. Tanpa ciri khas yang spesifik, sebuah ide atau pun gagasan tidak dapat digolongkan menjadi sebuah inovasi baru.
  • Baru, Ciri ke dua dari sebuah inovasi adalah baru. Setiap inovasi harus lah merupakan ide atau pun gagasan baru yang memang belum pernah diungkapkan atau pun dipublikasikan sebelumnya.
  • Terencana, Ciri ketiga dari sebuah inovasi adalah terencana. Sebuah inovasi biasa nya sengaja dibuat dan direncanakan untuk mengembangkan objek-objek tertentu. Dengan kata lain, setiap inovasi yang ditemukan pada dasar nya merupakan kegiatan yang sudah direncanakan sejak awal.
  • Memiliki tujuan, Ciri terakhir yang harus ada pada inovasi adalah memiliki tujuan. Seperti yang telah dijelaskan di poin yang sebelumnya, inovasi merupakan aktivitas terencana untuk mengembangkan objek-objek tertentu (tujuannya adalah mengembangkan objek – objek tertentu).

Sifat Perubahan Dalam Inovasi

  • Penggantian (substitution) Misalnya : Inovasi dalam penggantian jenis sekolah, penggantian bentuk perabotan, alat-alat atau sistem ujian yang lama diganti dengan yang baru.
  • Perubahan (alternation) Misalnya : Mengubah tugas guru yang tadinya hanya bertugas mengajar, ditambah dengan tugas menjadi guru pembimbing dan penyuluhan / mengubah kurikulum sekolah yang semula bercorak teoretis akademis menjadi kurikulum dan mata pelajaran yang berorientasi bernuansa keterampilan hidup praktis.
  • Penambahan (addition) Misalnya : Adanya pengenalan cara penyusunan dan analisis item tes objektif di kalangan guru sekolah dasar dengan tidak mengganti atau mengubah cara-cara penilaian yang sudah ada.
  • Penyusunan kembali (restructturing) Misalnya : Upaya menyusun kembali susunan peralatan, menyusun kembali komposisi serta ukuran dan daya tampung kelas, menyusun kembali urutan mata-mata pelajaran / keseluruhan sistem pengajaran, sistem kepangkatan, sistem pembinaan karier baik untuk tenaga edukatif maupun tenaga administratif, teknisi, dalam upaya perkembangan keseluruhan sumber daya manusia dalam sistem pendidikan.
  • Penghapusan (elimination) Misalnya : Upaya menghapus mata-mata pelajaran tertentu seperti mata pelajaran menulis halus, atau menghapus kebiasaan untuk senantiasa berpakaian seragam
  • Penguatan (reinforcement) Misalnya : Upaya peningkatan atau pemantapan kemampuan tenaga dan fasilitas sehingga berfungsi secara optimal dalam permudahan tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

Pengertian Sistem dan Sistem Informasi

Sistem merupakan sekelompok komponen dan elemen yang digabungkan menjadi satu untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan Informasi merupakan fakta atau data yang di organisasikan atau diolah secara tertentu sampai memiliki arti bagi si pengguna.

Dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi merupakan suatu sistem untuk mengumpulkan, menyimpan, memproses, menganalisa dan menyebarkan informasi menggunakan teknologi komputer.

Pengertian New Tecnology

New Technology (Teknologi baru) adalah teknologi yang baru saja mempunyai satu dampak pada salah satu cara perusahaan menghasilkan produk atau menyediakan layanan. Contohnya seperti perangkat lunak komputer yang baru diperkenalkan untuk mengembangkan gambar teknik dengan begitu menggantikan draft manual. Contoh lainnya, situs web internet dirancang untuk menjual produk perusahaan teknologi tersebut tidak harus baru kepada dunia, hanya ke perusahaan. Itu bisa saja sedang menjadi pengembangan tahun lalu dan digunakan oleh yang lain, tetapi itu digolongkan sebagai kapanpun baru diperkenalkan untuk pertama kali dalam satu situasi baru.


Kesimpulan
Inovasi Sistem Informasi dan New Teknologi adalah sebuah gagasan atau penemuan baru dalam hal teknologi yang di dalamnya terdapat sumber-sumber informasi dan berhubungan dengan komputer atau sistemnya yang akan dipakai untuk masa sekarang atau masa depan dengan pengembangan yang lebih baru dan maju.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
http://rezicaarighisutardi.blogspot.co.id/2016/09/inovasi-sistem-informasi-teknologi.html

Komentar