Perkembangan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Perkembangan Komunikasi dan Sistem Informasi

Manusia mulai mempertukarkan informasi sejak dahulu kala, sekitar 3000 tahun sebelum masehi atau jik dihitung sudah lebih dari 5000 tahun yang lalu. Cara mempertukarkan informasi itu adalah dengan menuliskannya pada batu, kayu, papirus atau tanah liat. Awal sejarah perkembangan sistem informasi dimulai dari sini. Tanpa langkah yang dilakukan oleh manusia kuno ini, tidak akan ada perangkat canggih seperti komputer dan telepon selular. Ada empat tahapan yang dilalui dalam perkembangan komunikasi dan informasi, diantaranya dapat di jabarkan dibawah ini :

Periode Pertama : Pra-Mekanik

Pada periode ini, komunikasi menggunakan simbol untuk menyampaikan informasi. Pada tahun 3000 - 2000 sebelum masehi, manusia menggunakan gambar juga untuk menyampaikan pesan. Contohnya adalah bangsa Fenisia yang mendiami Timur Tengah (saat ini Lebanon) menciptakan model yang sama. Bangsa Yunani kuno mengadaptasi simbol milik bangsa Fenesia dengan menambahkan huruf vokal yang membuatnya mudah digunakan. Bangsa Romawi kuno kemudian memakainya juga, yang mana saat ini menjadi alphabet yang kita kenal dan gunakan saat ini. Pembuatan buku dari papirus yang di lekatkan dimulai pada tahun 600 sebelum masehi. Pada awalnya hanya pemuka agama dan pemimpin yang memiliki koleksi buku. Setelah itu ada bangsa Mesir kuno yang menciptakan sistem angka, sehingga juga mengarahkan pada penemuan alat bantu hitung yang disebut Abakus.

Periode Kedua : Mekanik

Masa ini termasuk dalam masa abad pertengahan. Dimana orang sudah menggunakan peralatan untuk menyimpan, mengolah dan merekam informasi. Salah satu penemuan terpenting pada masa ini adalah masin cetak Gutenburg dari Jerman. Penyampaian informasi menjadi lebih udah dikarenakan mesin cetak dapat memproduksi tulisan yang sama dalam jumlah besar. Pada tahun 1600, komputer atau mesin hitung pertama kali di ciptakan oleh Blaise Pascal. Komputer ini disebut sebagai Pascaline dan dianggap sebagai titik awal mesin menggantikan otak manusia dalam menghitung data.

Periode Ketiga : Elektromekanik

Pada masa ini, penggunaan listrik untuk memberikan energi untuk menjalankan penemuan mesin sesudah Pascaline terus ditemukan. Pada periode ini pula di ciptakan telephone dan kode Morse untuk digunakan dalam komunikasi jarak jauh secara langsung. Kemudian diperkenalkan komputer yang pertama yang digunakan untuk menyimpan program dan data pada awal 1948. Komputer tersebut adala Dubbed Manchester Mark 1. Komputer ini adalah awal penemuan tekologi selanjutnya yang sekarang menjadi komputer, laptop, tablet dan smartphone.

Periode Keempat : Elektronik

Jean Hoerni mengembangkan transistor planar pada tahun 1957. Alat ini dapat mengintergrasikan semua sirkuit yang di citakan tahun-tahun selanjutnya. Pada tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mendirikan ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) yang mana ini adalah cikal bakal dari Internet yang anda gunakan sekarang ini. Pada saat itu ARPANET hanya digunakan untuk pemerintah, penelitian dan universitas. Peneliti dari MIT yang bernama Licklider memperluas ARPANET ke jaringan komputer di seluruh dunia untuk interaksi sosial, ini terjadi pada tahun 1962. Pada tahun 1968, Andrew Grove, Gordon Moore dan Robert Noyce telah menciptakan mikrochip pertama kalinya. Mereka lalu menjual rancangan tersebut pada Intel untuk di produksi secara massal.

Setelah keempat era ini, perkembangan teknologi berlangsung secara cepat. Ditemukannya sistem operasi UNIX, komputer dari Apple, sistem operasi Windows, linux, era dot com dan penemuanterbaru lainnya yang belum bisa disebutkan satu per satu.

Perkembangan Komputer

Pada awalnya komputer bukan digunakan untuk kepentingan hiburan atau mengirim email seperti sekarang, tetapi digunakan untuk menghitung kumpulan angka yang rumit.
Sekarang, kita membawa teknologi komputasi pada genggaman tangan dalam bentuk smartphone. Berikut adalah sejarah singkat bagaimana perkembangan teknologi komputasi dari masa ke masa.

Generasi Pertama (1940 - 1956)

Selama periode ini, generasi pertama dari komputer mulai. Komputer generasi pertama menggunakan vacum tube untuk sirkuit dan drum magnetik untuk penyimpanan memori. Vacum tube digunakan untuk memperkuat sinyal dengan mengendalikan gerakan elektron di ruang evakuasi. Komputer generasi pertama sangatlah sulit untuk di operasikan dan berbiaya mahal. UNIVAC dan ENIAC adalah contoh komputer generasi pertama yang digunakan badan sensus Amerika Serikat.

Generasi Kedua (1964 - 1971)

Teknologi Vacum Tube mulai tergantikan dengan transistor. Penggunaan transistor pada komputer mulai digunakan di akhir tahun 1950-an. Keunggulan transistor adalah bentuknya yang lebih kecil. Dengan bentuk minimalis dari transistor, komputer menjadi lebih kecil dan hemat energi. Di generasi kedua ini, bahasa pemrograman mulai diperkenalkan, seperti contohnya COBOL dan Fortran. Teknologi penyimpanan memori juga berubah dari drum magnetik menjadi teknologi magnetik. IBM 7000, NCR 304, IBM 650, IBM 1401, ATLAS and Mark III adalah contoh dari komputer genarasi kedua.

Generasi Ketiga (1964 - 1971)

Pengembangan sirkuit terpadu adalah ciri khas dari generasi ketiga komputer. Bentuk transistor semakin di perkecil dan ditempatkan di chip silikon, yang dinamakan semikonduktor. Teknologi ini semakin mempercepat kinerja komputer. Selama periode ini, mouse dan keyboard mulai deperkenalkan, generasi ketiga juga sudah di lengkapi dengan sistem operasi. PDP-8, PDP-11, ICL 2900, IBM 360 dan IBM 370 adalah contoh komputer generasi ketiga.

Generasi Keempat (1971 - Sekarang)

Pada komputer generasi keempat, dugunakan CPU atau Central Processing Unit yang berisi sirkuit memori, logika, dan kontrol semua pada satu chip tunggal. Pada tahun 1971, perusahaan terkemuka Amerika Serikat INTEL mengembangkan chip sirkuit terintegrasi yang disebut dengan processor mikro. Tahun 1976, Steve Wozniak mengembangkan serangkaian komputer mikro yang dinamakan The Allple Series dan merupakan komputer paling modern.

Generasi Kelima (Sekarang - ...)

Komputer generasi kelima adalah komputer yang tidak hanya memiliki kapabilitas terbaru sepei kecepatan, akurasi, penyimpanan kemampuan berpikir dan membuat keputusan. Komputer generasi kelima disebut juga dengan Artificial Intellegence.

Perkembangan Teknologi Informasi

Dulu manusia telah menegnal yang namanya teknologi. Namun tentunya teknologi dahulu jauh berbeda dengan teknologi yang saat ini. Contohnya saja mesin tik, dulunya mesin ini digunakan orang-orang untuk membuat dokumen. Namun karena adanya teknologi, sehingga memaksa mesin tik untuk menyudahi jamannya dan digantikan dengan adanya komputer yang lebih efisien.
Selain itu, dulunya manusia pernah mengkonsep sebuah ide atau imajinasi. Namun karena kurangnya teknologi yang ada pada jaman itu, akhirnya konsep itu tak teraksana. Contohnya saja, pada jaman dahulu manusia membuat konsep agar orang yang berada di tempat yang berjauahan, dapat merapatkan sesuatu atau bertemu. Namun karena dulunya tidak ada teknologi yang seperti itu, maka hingga dia meninggal, konsep tersebut belum terlaksana. Namun karena jaman sekarang sudah ada teknologi yang seperti itu, sehingga sekarang ada teknologi yang menyerupai konsep tersebut.

Dapat disimpulkan bahwa perkembangan teknologi informasi pada saat ini maju sangat pesat dari abad ke-19, menuju abad ke-20. Dapat di prediksikan bahwa abad ke-21 akan memiliki perkembangan teknologi yang lebih mutakhir yang akan lebih bermanfaat bagi manusia.

Sumber :
[1] http://belajar-komputer-mu.com/sejarah-perkembangan-sistem-informasi/
[2] https://techno.okezone.com/read/2016/02/01/207/1302216/sejarah-singkat-mengenai-perkembangan-komputer

Komentar