Pengantar Teknologi Sistem Cerdas

A. Pengenalan Teknologi Sistem Cerdas

Apa itu teknologi sistem cerdas? Pada zaman ini teknologi sudah semakin berkembang, dan perkembangan tersebut bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Dan kini tren teknologi lebih ditekankan agar dapat mengikuti cara pikir manusia, dan itulah yang mendasari perkembangan dari Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan atau sistem cerdas. Jadi, Artificial Intelligence (AI) adalah  suatu sistem informasi yang berhubungan dengan penangkapan, pemodelan dan penyimpanan kecerdasan manusia dalam sebuah sistem teknologi informasi sehingga sistem tersebut memiliki kecerdasan seperti yang dimiliki manusia. Sistem ini dikembangkan untuk mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah, biasanya diselesaikan melalui aktifitas intelektual manusia, misalnya pengolahan citra, perencanaan, peramalan dan lain-lain, meningkatkan kinerja sistem informasi yang berbasis computer.

B. Sejarah Teknologi Sistem Cerdas

Pada awal abad 17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada 1642. Pada 19, Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanis yang dapat diprogram.

Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead menerbitkan Principia Mathematica, yang merombak logika formal. Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan "Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas " pada 1943 yang meletakkan fondasi untuk jaringan saraf.

Pada tahun 1950-an. Alan Turing, seorang pionir AI dan ahli matematika Inggris melakukan percobaan Turing (Turing Test) yaitu sebuah komputer melalui terminalnya ditempatkan ada jarak jauh. Di ujung yang satu ada terminal dengan software AI dan di ujung terminal lain dipasang software AI. Mereka berkomunikasi di mana terminal di ujung memberikan respon terhadap serangkaian pertanyaan yang diajukan oleh operator. Dan sang operator itu mengira bahwa ia sedang berkomunikasi dengan operator lainnya yang berada pada terminal lain.

Turing beranggapan bahwa jika mesin dapat membuat seseorang percaya bahwa dirinya mampu berkomunikasi dengan orang lain, maka dapat dikatakan bahwa mesin tersebut cerdas (seperti layaknya manusia).

Berikut ini merupakan daftar tabel perkembangan teknologi sistem cerdas di dunia antara lain sebagai berikut :
No
Tahun
Deskripsi
11206Robot humanoid pertama karya Al-Jazari
21796Boneka penuang the dari jepang bernama Karakuri
31941Komputer elektronik pertama
41949Komputer dengan program tersimpan pertama
51956Kelahiran dari Artificial Intelligence pada Dartmouth conference
61958Bahasa LISP dibuat
71963Penelitian intensif departemen pertahanan Amerika
81970Sistem pakar pertama diperkenalkan secara luas
91972Bahasa Prolog diciptakan
101986Perangkat berbasis AI dijual luas mencapai $425 juta
111994AC berbasis Neuro fuzzy dijual
122010Sistem kecerdasan buatan untuk Pesawat komersial BOEING 900-ER ramai digunakan
132011Service Robot untuk restoran berhasil dibuat di Indonesia
142012Sistem Pakar Troubleshooting Komputer berbasis Fuzzy dan Self Learning
152012Sistem immune pada Deteksi spam diciptakan

C. Penerapan Teknologi Sistem Cerdas di Kehidupan Sehari-hari

1. Siri

Siri adalah program komputer yang bekerja sebagai asisten pribadi cerdas. Bagian dari sistem operasi Apple Inc. iOS, watchOS, macOS, and tvOS. Siri menggunakan bahasa natural antarmuka pengguna untuk menjawab pertanyaan, membuat rekomendasi, dan melakukan perintah dengan mengirimkan permintaan kepada layanan Web. Siri berdaptasi dengan bahasa yang digunakan pengguna dan pencarian yang digunakan oleh pengguna secara kontinu sebagai preferensi, dan memberikan hasil yang sesuai. Siri awalnya dikenalkan sebagai aplikasi iOS yang tersedia di App Store oleh Siri Inc., yang diakusisi kemudian oleh Apple pada 28 April 2010. Ada beberapa aksen dan kombinasi gender untuk suara Siri.
SIRI.jpg

Pada teknologi ini, terdapat 3 prosedur utama yaitu Input, Proses, Output. Berikut ini adalah flowchart dari cara kerja teknologi ini :
FW SIRI.png
Input : dari teknologi ini adalah suara kita. Kita memasukkan suara kita ke teknologi ini dengan cara merekam suara kita dengan microphone pada smartphone kita.
Proses : dari teknologi ini dimulai setelah kita memasukkan suara kita. Teknologi ini membaca suara kita, menerjemahkannya menjadi teks, dan mencari perintah yang terdapat pada teks.
Output : setelah teknologi ini mencari perintah pada teks, teknologi ini akan memberikan hasil yang sesuai dengan perintah yang terdapat pada suara yang kita input. Hasil dari teknologi ini juga akan dijadikan sebagai preferensi perintah teknologi ini.

2. ATM (Automatic Teller Machine)

ATM (Automatic teller machine atau automated teller machine, di Indonesia juga kadang merupakan singkatan bagi anjungan tunai mandiri) adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang“teller” manusia.

Hasil gambar untuk ilustrasi atm di indonesia

3. Pintu Otomatis

Pintu otomatis dapat bekerja untuk membuka dan menutup secara otomatis dengan menggunakan teknologi sensor. Sensor merupakan suatu perangkat yang dapat mendeteksi keberadaan seseorang atau objek lainnya ketika orang atau objek tersebut mendekati pintu otomatis. Biasanya, sensor-sensor tersebut akan diletakkan di sekitar pintu otomatis. Sensor-sensor ini juga akan diletakkan di kedua sisi yaitu sisi dalam dan sisi luar pintu otomatis tersebut, sehingga pintu otomatis dapat bekerja dari kedua sisi. Sensor kemudian akan mengaktifkan sistem yang akan menggerakkan motor yang akan membuka dan menutup pintu otomatis.

Hasil gambar untuk ilustrasi pintu otomatis di indonesia

Kesimpulan

Teknologi sistem cerdas merupakan alat yang dibuat sebagai sarana untuk menyediakan kebutuhan  bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Sistem ini dibuat agar dapat berpikir dan berperilaku layaknya seperti manusia bahkan bisa lebih baik dari yang dilakukan manusia. 

Daftar Pustaka

[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi
[2] https://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan
[3] https://princehackgaluh.wordpress.com/2014/10/02/artificial-intelligence-ai/
[4] https://www.scribd.com/document/363864812/Teknologi-Sistem-Cerdas

Komentar