Analisis Risiko

PENGERTIAN RISIKO

Definisi risiko menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah akibat yang kurang menyenangkan (merugikan, membahayakan) dari suatu perbuatan atau tindakan. 

ANALISIS RISIKO

Menurut Al Bahar dan Crandall (1990), analisis risiko didefinisikan sebagai sebuah proses yang menggabungkan ketidakpastian dalam bentuk kuantitatif, menggunakan teori probabilitas, untuk mengevaluasi dampak potensial suatu risiko. 

Langkah pertama untuk melakukan tahapan ini adalah pengumpulan data yang relevan terhadap risiko yang akan dianalisis. Data–data ini dapat diperoleh dari data historis perusahaan atau dari pengalaman proyek pada masa lalu. Jika data historis tersebut kurang memadai, dapat dilakukan teknik identifikasi risiko yang lain, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pada bagian lain bab ini. 

Setelah data yang dibutuhkan terkumpul, selanjutnya dilakukan proses evaluasi dampak dari sebuah risiko. Proses evaluasi dampak risiko dilakukan dengan mengkombinasikan antara probabilitas (sebagai bentuk kuantitatif dari faktor ketidakpastian / uncertainty) dan dampak atau konsekuensi dari terjadinya sebuah risiko. 

Untuk melakukan proses evaluasi tersebut, dibutuhkan suatu parameter yang jelas untuk dapat mengukur dampak dari suatu risiko dengan tepat. Menurut Loosemore, Raftery, Reilly dan Higgon (2006). beberapa parameter untuk proses evaluasi risiko seperti pada Tabel 2.1 dan tabel 2.2.

                           Tabel 2.1 Parameter Probabilitas Risiko
Parameter
Deskripsi
Jarang Terjadi
Peristiwa ini hanya muncul pada keadaan yang luar biasa jarang.
Agak Jarang Terjadi
Peristiwa ini jarang terjadi.
Mungkin Terjadi
Peristiwa ini kadang terjadi pada suatu waktu.
Sering Terjadi
Perstiwa ini pernah terjadi dan mungkin terjadi lagi.
Hampir Pasti Terjadi
Peristiwa ini sering muncul pada nernagai keadaan.

           Tabel 2.2 Parameter Konsekuensi Risiko
Parameter
Deskripsi
Tidak Signifikan
Tidak ada yang terluka; kerugian finansial kecil.
Kecil
Pertolongan pertama; kerugian medium.
Sedang
Perlu perawatan medis; kerugian finansial cukup besar.
Besar
Cedera parah; kerugian finansial besar.
Sangat Signifikan
Kematian; kerugian finansial sangat besar.

Setelah risiko – risiko yang mungkin terjadi dievaluasi dengan menggunakan parameter – parameter probabilitas dan konsekuensi risiko di atas, selanjutnya dapat dilakukan suatu analisa untuk mengevaluasi dampak risiko secara keseluruhan, dengan menggunakan matriks evaluasi risiko. 


Sumber :
http://e-journal.uajy.ac.id/402/3/2MTS01427.pdf

Komentar